28 Januari, 2020

Headline

Meski Sebagian Warga Menolak, Pemkot KotamobaguTetap Lantik Sangadi Bungko

Meski Sebagian Warga Menolak, Pemkot KotamobaguTetap Lantik Sangadi Bungko

PEMERINTAHAN, KOTAMOBAGU – Sikap Pemkot Kotamobagu, yang berencana melantik Sangadi (Kepala Desa), Bungko terpilih, Kautsar Muri Gonibala, pada Senin (06/01/20) besok, oleh sebagian warga di desa tersebut, dipersoalkan.

“Pemkot diduga mencoba tidak mengindahkan kehendak kebanyakan warga desa Bungko yang tidak setuju dengan adanya pelantikan Sangadi terpilih,” tulis seorang warga Bungko, dipesan WhatsApp, Sabtu (04/01/20).

Warga yang minta namanya dirahasiakan ini, menduga Pemkot Kotamobagu berpihak ke Sangadi terpilih.

“Kami menduga ada keberpihakan Pemkot, dan ini bisa berimbas terjadinya perpecahan di masyarakat,” terang warga tersebut.

Warga ini juga menduga, penetapan hasil pemilihan yang dilakukan BPD sepihak, tidak memikirkan aspek ke depan, seperti kekisruhan, serta perpecahan didesanya, jelasnya.

BACA JUGA:Datangi Rudis Wali Kota Kotamobagu, Warga Sepakat Tolak Sangadi Bungko Terpilih

BACA JUGA:Terkait Sangadi Bungko Terpilih, Pemkot Kotamobagu Belum Terima Gugatan dari Calon Lain

BACA JUGA:Dipicu Dugaan Pembagian Uang, Pilkades Bungko di Kotamobagu Ricuh!

Terpisah, Kepala Bagian Tata Pemerintahan, Pemkot Kotamobagu, Marham Anas Tungkagi, dikonfirmasi terkait pernyataan itu, pesan singkat WhatsApp yang dikirim, hingga berita ini tayang belum ada balasan, Minggu (05/01/20). Namun sebelumnya, Tungkagi mengatakan, pihaknya siap menerima laporan. “Kami siap menerima laporan, dan bersama bagian hukum akan mengkaji gugatan bila sudah masuk,” kata Tungkagi,
dipesan WhatsApp, Kamis (19/12/19).

Sebelumnya, penolakan ke Sangadi Bungko terpilih, oleh perwakilan warga sudah dilakukan dengan mendatangi kediaman rudis Wali Kota Kotamobagu, pada Senin (23/12/19).

Kedatangan perwakilan warga itu, untuk meminta Wali Kota Tatong Bara, tidak melantik Sangadi terpilih, yaitu, Kautsar Muri Gonibala, serta menolak segala proses pemungutan suara dipemilihan itu

Harapan mereka, Wali Kota Tatong Bara, untuk bisa memberikan petunjuk atas permasalahan yang terjadi pasca pemilihan Sangadi barusan dengan tidak melantik saudara Kautsar Muri Gonibala, serta menunjuk kembali Pjs Sangadi.

Untuk diketahui, pada pemilihan Sangadi PAW Bungko, 2 calon yang kalah, yaitu, Sofyan Makalalag, serta Naija Paputungan, menolak hasil pemilihan tersebut. Mereka menduga, Kautsar Muri Gonibala, sehari menjelang pemilihan membagi-bagikan sejumlah uang ke para calon pemilih.(nd)

Baca Juga

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *