28 Januari, 2020

Headline

Bolaang Mongondow Selatan Kembali Terima Penghargaan Kabupaten Peduli HAM

Bolaang Mongondow Selatan Kembali Terima Penghargaan Kabupaten Peduli HAM

Advertorial – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel), Sulawesi Utara (Sulut) kembali menjadi salah satu penerima penghargaan dari Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham). Pemkab Bolsel dinilai berhasil dan peduli Hak Azasi Manusia (HAM).

Penghargaan tersebut diserahkan Menkumham yang diwakili oleh Dirjen HAM kepada Bupati Bolsel, Hi Iskandar Kamaru, pada puncak acara Peringatan Hari Hak Azasi Manusia Sedunia ke-71, di Gedung Merdeka, Kota Bandung, Jawa Barat, Selasa (10/12/19). Penghargaan juga diberikan kepada pemerintah kabupaten/kota yang dinilai peduli terhadap HAM 2018.

Bupati Bolsel saat menerima penghargaan
Bupati Bolsel saat menerima penghargaan

Pada kesempatan itu, Bupati menyampaikan ucapan terima kasih kepada Kemenkumham yang telah memberikan penghargaan tersebut.

“Terima kasih atas penghargaan Peduli HAM yang diberikan kepada Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan, Provinsi Sulawesi Utara. Ini merupakan hasil kerja keras dan sinergi antara pemerintah daerah, dengan semua stakeholder, serta masyarakat Bolsel,” singkat Bupati usai menerima penghargaan.

Bupati bersama Kabag Hukum
Bupati bersama Kabag Hukum

Penghargaan yang diterima Kabupaten Bolsel ini, berdasarkan Peraturan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia, RI Nomor 34 tahun 2016 tentang kriteria daerah kabupaten/kota peduli hak asasi manusia. Di mana, dalam penerimaan penghargaan tersebut, ada kriteria dalam implementasi hak asasi manusia yang sudah dilakukan, yakni sudah memenuhi Hak atas kesehatan, hak atas pendidikan, hak perempuan dan anak, hak atas kependudukan, hak atas perkerjaan, hak atas perumahan dan hak atas lingkungan berkelanjutan dengan adanya peraturan daerah yang menjamin adanya rencana tata ruang.

Bupati foto bersama Kabag Hukum dan jajaran
Bupati foto bersama Kabag Hukum dan jajaran

Untuk diketahui, saat menerima penghargaan tersebut, Bupati Hi Iskandar Kamaru didampingi Kepala Bagian Hukum Setda Bolsel, Kadek Wijayanto. Sementara penghargaan sebagai Kabupaten Peduli HAM tahun 2018, adalah yang ke-Empat kalinya di terima Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan.***

Baca Juga

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *