28 Januari, 2020

Headline

RDP dengan Kementerian Desa, Herson Sampaikan 6 Hal dalam Pengelolaan Dana Desa

RDP dengan Kementerian Desa, Herson Sampaikan 6 Hal dalam Pengelolaan Dana Desa

JAKARTA, FormakIndoNews.net – Anggota DPR RI Komisi V, Fraksi PDIP, Hi Herson Mayulu, dalam rapat dengar pendapat (RDP) dengan Kementerian Desa/PDTT, menyampaikan 6 hal dalam pengelolaan Dana Desa (DD), Selasa, (19/11/19) tadi.

RDP yang di mulai pukul 10.00 WIB, bertempat di ruang kerja komisi V DPR RI gedung Nusantara, menurut Ketua Kelompok Kerja Fraksi PDIP, Hi Herson Mayulu, ada 6 hal mendasar yang menjadi masukan.

Pertama, untuk efektif penyaluran DD, sebaiknya dilakukan dalam 2 tahapan saja, sebab dengan 3 tahapan yang diberlakukan saat ini agak menyulit penyerapan-nya, kata Herson.

Selanjutnya, untuk pengendalian penyaluran DD dapat diintergrasikan aplikasi Sipede dan Siskeudes dapat diintegrasikan, bahkan dengan Omspam, sehingga pengendaliannya bisa efektif, ujar Herson.

Herson juga menyoroti adanya tumpang tindih regulasi. Di mana dirinya berharap untuk menghindari intensitas perubahan aturan yang saat ini masih tinggi, serta meniadakan tumpang tindi regulasi, sebut dia.

Dirinya juga menyarankan, perlunya di integrasikan Indeks Desa Membangun dan Indeks Pembangunan Desa, serta menghindari dualisme data.

Dia juga menyoroti keberadaan pendamping desa. Di mana menurutnya, perlunya pendamping yang profesional lewat sertifikasi, agar kompeten dan akuntabel dalam pelaksanaan pendampingan.

Terakhir, mantan Bupati Bolaang Mongondow Selatan, Sulut, 2 periode ini berharap, perlunya pemetaan dan analisis kebutuhan pendamping, agar penempatan mereka akurat sehingga tidak merugikan honor mereka yang kecil itu, kata Herson.

Sebelumnya, pada Senin (18/11/19), saat RDP dengan BNPD dan Basarnas, Herson menyoroti kinerja dari Badan Pengembangan Wilayah Surabaya – Madura (BPWS).

Bahkan di RDP itu, Herson berharap, Presiden Jokowi untuk mengevaluasi kinerja Lembaga non struktural yang dibentuk untuk melaksanakan pengembangan wilayah Surabaya  Madura (Suramadu).(nd12)

Baca Juga

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *