28 Januari, 2020

Headline

Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan Gelar Festival Torlangka

Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan Gelar Festival Torlangka

BOLSEL, FormakIndoNews.net – Festival “Torlangka” dalam rangka memperingati Maulid Nabi Besar Muhammad SAW, di Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel), Sulut, Kamis tadi resmi digelar (21/11/19).

Kegiatan yang mengambil lokasi di Desa Sakti, Kecamatan Posigadan, Bolsel, merupakan warisan turun temurun warga setempat sebagai wujud syukur kepada Sang Khalik, Allah SWT.

Bupati Bolsel, Hi Iskandar Kamaru, bersama Istri yang hadir sekaligus membuka festival mengatakan, ini salah satu kekayaan budaya yang harus di pelihara dan dilestarikan, katanya.

Menurutnya lagi, Kabupaten Bolsel yang dihuni berbagai etnis penduduk dengan latar berbeda, semakin menambah keanekaragaman nilai budaya dalam mewujudkan daerah yang religius, berbudaya, bermartabat maju dan sejahtera, tambah Bupati Hi Iskandar.

Diapun berharap, Festival Torlangka 2019 ini menjadi dasar dalam pembentukan karakter masyarakat, sesuai visi daerah.

“Dalam suasana perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW, Festival Torlangka menjadi penghayatan dalam menelanadi sifat-sifat mulai dari Rasul, yang merupakan sosok panutan, teladan, dalam menjalankan kehidupan berbangsa dan bernegara,” pinta orang nomor 1 di Bolsel ini.

Wahyudin Kadullah, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Bolsel, menuturkan, tradisi ini sudah lama dipraktekkan warga, sebagai bentuk rasa syukur kepada Allah SWT, kata dia.

Apalagi sebagai daerah yang memiliki visi relijius, penting tradisi ini dilestarikan, sehingga nilai-nilai tersebut tetap dipertahankan, serta merupakan ajang promosi pariwisata di Bolsel, singkat Wahyuddin.

Nampak hadir di festival tersebut, Kapolres Bolsel, Ketua Pengadilan Agama, Sekretaris Daerah, Asisten, Staf Ahli, Khusus, para pimpinan OPD, Camat, Kepala Desa, serta Masyarakat se Kecamatan Posigadan.(nd12)

Baca Juga

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *