28 Januari, 2020

Headline

Bupati Bolsel Jelaskan Makna 7 Warna Pakaian Adat Gorontalo

Bupati Bolsel Jelaskan Makna 7 Warna Pakaian Adat Gorontalo

BOLSEL, FormakIndoNews.net – Bertempat di Hotel Grand Quality, Kota Gorontalo, Bupati Bolaang Mongondow Selatan, Hi Iskandar Kamaru, secara resmi membuka seminar studi kaji adat Gorontalo, Senin (25/11/19).

Kegiatan yang di ikuti para pemangku adat, serta Sangadi (kepala desa) se-Bolaang Mongondow Selatan ini, dimaksudkan untuk menyamakan persepsi terhadap pelaksanaan adat gorontalo.

Dikesempatan itu, Bupati menyatakan, dengan seminar adat Gorontalo ini, kita bisa menyamakan persepsi terhadap pelaksanaan adat gorontalo, misalnya dalam pakaian adat gorontalo itu selalu identik dengan 7 (tujuh) warna pakaian adat gorontalo, warna tersebut terdiri dari merah, hijau, kuning, ungu, cokelat, hitam dan putih. Di mana, masing-masing warna memiliki makna fllosofi yang mendalam, kata Bupati.

Bupati Bolsel foto bersama
Bupati Bolsel foto bersama

Di mana menurut dia, 7 warna dimaksud selain digunakan pada beragam upacara adat Gorontalo, seperti acara resmi pemerintahan, upacara adat, pernikahan, pembaiatan, dan kedukaan, yang kesemuanya digunakan dalam masing-masing upacara berbeda-beda dan sebutannya pun berbeda. Seperti pakaian adat “Bubato” yang biasa digunakan oleh pimpinan daerah seperti Bupati, ada juga dikenal pakaian adat “Buatilobala” yang dipakaikan oleh pengawal bupati/pemimpin, ada juga yang dikenal pakaian adat “Imakuta, Walimono, Biliu Danpa Yungga dan lain sebagainya. Dan ini
harus kita pahami bersama sebagai salah satu bukti dari peninggalan kebudayaan Gorontalo yang memiliki arti mendalam, terang Bupati Iskandar Kamaru.

Bupati juga menjelaskan, suku Gorontalo yang mendiami Provinsi Sulawesi Utara bagian selatan di Kupaten Bolaang Mongondow Selatan, menduduki posisi pertama sebagai suku dengan populasi terbanyak dari suku Bolango, Mongondow, Sangihe, serta dan Minahasa, tambahnya.

Diapun berharap, setelah pelatihan adat ini, nuansa adat gorontalo dalam setiap pelaksanaan kegiatan dapat terlihat nuansa adatnya, tandas Bupati sambil mengucapkan terima kasih kepada panitia dan peserta yang telah mendukung dan berpartisipasi dalam pelaksanaan seminar ini dengan baik.

Nampak mendampingi Bupati Hi Iskandar Kamaru di acara tersebut, Assisten 1 Pemkab Bolsel, Ramli Abdul Madjid, Kepala Dinas PMD,serta Dinas/Badan, dan pejabat terkait.(nd12)

Baca Juga

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *