21 November, 2019

Tambang Galian C Ilegal di Kecamatan Mooat Diduga Milik Anggota DPRD Boltim

Tambang Galian C Ilegal di Kecamatan Mooat Diduga Milik Anggota DPRD Boltim

FORMAKINDONEWS.NET, BOLTIM – Adanya Galian C di salah satu perkebunan yang ada di Kecamatan Mooat, Kabupaten Bolaang Mongondow Timur, Sulut, oleh warga diduga tidak mengantongi ijin alias ilegal.

Menurut warga, Galian C yang sudah beroperasi kurang lebih 1 tahun ini, diduga milik dari salah 1 anggota DPRD Boltim.

“Galian C tersebut diduga milik oknum anggota DPRD Boltim,” kata seorang warga di pesan WhatsApp, sambil meminta namanya jangan dipublis, Rabu (30/10/19).

Terpisah, oknum anggota DPRD Boltim di maksud, saat dikonfirmasi di telepon selularnya tidak terdengar nada panggilan. Demikian juga dengan pesan singkat WhatsApp yang di kirim, hingga berita ini tayang belum juga ada balasan.

Untuk diketahui, kegiatan Galian C yang tidak mengantongi ijin (Ilegal), terancam pidana penjara 10 tahun dan denda paling banyak sepuluh miliar. Itu sesuai dengan UU No 4 Tahun 2009 :
a)    Setiap orang yang melakukan usaha penambangan tanpa IUP dipidana dengan pidana penjara paling lama 10 tahun dan denda paling banyak Rp 10.000.000.000,00 (sepuluh miliar rupiah)
b)    Setiap orang atau pemegang IUP Operasi Produksi yang menampung, memanfaatkan, melakukan pengolahan dan pemurnian, pengangkutan, penjualan mineral dan batubara yang bukan dari pemegang IUP dipidana dengan pidana penjara paling lama 10 tahun dan denda paling banyak Rp 10.000.000.000,00 (sepuluh miliar rupiah)
c)    Setiap orang yang rnengeluarkan IUP yang bertentangan dengan Undang-Undang ini dan menyalahgunakan kewenangannya diberi sanksi pidana paling lama 2 tahun penjara dan denda paling banyak Rp200.000.000,00 (dua ratus juta rupiah.(nd12)

Baca Juga

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *