21 November, 2019

Bersama Warga se-Kecamatan Tomini, Bupati Bolsel Lakukan Tradisi Lihu Lo Lilu

Bersama Warga se-Kecamatan Tomini, Bupati Bolsel Lakukan Tradisi Lihu Lo Lilu

FORMAKINDONEWS.NET, BOLSEL – Warga Kecamatan Tomini, Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel), Sulut, Rabu (23/10/19), petang kemarin lakukan tradisi menjemput Bulan Safar dengan mandi bersama di sungai yang terletak di Desa Nunuka Raya.

Tradisi yang yang setiap tahunnya digelar dan sudah dilakukan turun temurun yang biasa di sebut dalam bahasa daerah di sebut “Lihu Lo Lilu atau Mandi Safar” ini, juga dihadiri oleh Bupati Bolsel Hi Iskandar Kamaru, bersama jajaran dilingkungan pemerintah Kabupaten.

Bupati dalam sambutannya mengatakan, salah satu ritual budaya tahunan di Bolsel yaitu mandi Safar.

“Mandi Safar adalah budaya lokal yang nuansanya religi. Hari ini kita berdoa, semoga segala kesialan, keburukan, kejahatan selama satu tahun yang ada di diri kita masing – masing, akan di angkat dan di jauhkan oleh Allah Subhanahu wa Ta’ala,” ucap Bupati sebelum kegiatan dilakukan.

Menurutnya lagj, selain itu kita juga berdoa di kegiatan mandi Safar ini agar terhindar dari segala marah bahaya dan bencana di Kabupaten Bolsel, serta kerukunan, kekeluargaan, dan kebersamaan selalu terjaga dan menyertai kita semua, pinta Bupati.

Di ujung sambutan, Bupati mengatakan tradisi (ritual) mandi Safar oleh pemerintah daerah akan dijadikan agenda tahunan dan akan dianggarkan lewat APBD. Dengan demikian, tradisi ini akan terus lestari, serta kegiatannya akan digilir pada setiap desa, ungkapnya.

Diketahui, sebelum mandi Safar dilakukan, Bupati bersama jajaran pemerintah Bolsel dan masyarakat di Kecamatan Tomini, melakukan dzikir dan Do’a di setiap rumah penduduk.(ndox)

Baca Juga

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *